Sabtu, 19 Maret 2016

SKI Periode Klasik

Nama               : M Fikri Haikal
Kelas/Jurusan   : A/Manajemen Dakwah
Mata Kuliah     : Sejarah Kebudayaan Islam
Dosen               : Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A

Nama Pengarang        : Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A
Judul Buku                  : Sejarah dan Kebudayaan Islam Periode Klasik (Abad VII-XIII M)
Tahun Terbit               : 2015
Tempat Terbit             : Yogyakarta
Tebal Buku                 : 282 halaman
Panjang x Lebar Buku            : 16 x 23 cm
Penerbit                      : Gosyen Publishing

Islam telah melahirkan revolusi kebudayaan dan peradaban. Peradaban yang dimaksud adalah Islam yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW telah membawa bangsa Arab yang semula terbelakang menjadi bangsa yang maju. Bahkan, kemajuan Barat pada mulanya bersumber dari peradaban Islam yang masuk ke Eropa melalui Spanyol. Islam sesungguhnya lebih dari sekedar sebuah agama, ia adalah suatu peradaban yang sempurna. Karena yang menjadi pokok kekuatan dan sebab timbulnya kebudayaan adalah agama Islam, kebudayaan yang ditimbulkannya dinamakan Peradaban IslamPemahaman terhadap ilmu sejarah menjadi penting bagi kalangan intelektual hukum (Islam) untuk melihat mata rantai antara satu kejadian dan kejadian lain sehingga tidak terjadi distorsi dalam menjustifikasi sebuah peristiwa hukum. Begitu pula, kajian sejarah menjadi alat ukur bagi kalangan intelektual dari berbagai disiplin ilmu dalam memilih dan memilah sejarah tersebut.
Abad ke-7 sampai ke-13 M merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi kebudayaan dan peradaban Arab-Muslim. Perjuangan penyebaran dakwah Islam pada masa abad ke-7 sampai abad ke-13 M merupakan awal dari perkembangan kebudayaan Islam. Di dalam buku Sejarah dan Kebudayaan Islam Periode Klasik (Abad VII-XIII M), Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A. menjelaskan secara terperinci sejarah  kebudayaan perkemabangan Islam (Abad VII-XIII M). Penulis juga menyuguhkan sejarah peradaban Islam secara gamblang yang diuraikan secara komprehensif dan komparatif.
Buku ini juga menyajikan materi-materi yang saling berkaitan antara 1 Bab dengan Bab yang lainnya. Di mulai dari pembahasan materi pada Bab 1,yang di dalam bab ini penulis menceritakan kejadian dan peradaban Arab Pra-Islam yang mana penjelasannya meliputi keadaan gografis, adat istiadat, kepercayaan dan pemerintahan Arab sebelum datangnya ajaran Islam. Dan pada bagian Bab 2,penulis menceritakan sejarah hidup muhammad dari momentum kelahirannya hingga masa dewasa Beliau dan menjelaskan masa Nabi Muhammad berkeluarga. Bab 3 dan Bab 4, pada bab ini pengarang menjelaskan misi gerakan dakwah Nabi Muhammad selama Beliau menyebarkan ajaran Islam di Mekkah dan Madinah. Dan kemudian pada Bab 5, memaparkan pemerintahan Islam seusai wafatnya Nabi Muhammad SAW yaitu masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Bab 6,7,8, pada 3 Bab terakhir ini pengarang menjelaskan Daulah pemerintahan sesudah masa kekhalifahan khulafaur Rasyidin, yaitu masa Daulah Umayyah di Damaskus,Daulah Abbasiyah di Baghdad, dan masa pemerintahan Daulah Umayyah di Andalusia.

Buku ini juga sangat cocok di gunakan bagi para pelajar ataupun masyarakat umum yang ingin memahami dan mengetahui sejarah kebudayaan Islam pada masa periode klasik. Karena dengan mengetahui sejarah kebudayaan Islam masa periode klasik tersebut kita memiliki gambaran perjuangan Nabi Muhammad, Khulafaur Rasyidin dan juga sahabat-sahabat Rasul. Tidak hanya itu saja, di dalam buku ini juga memaparkan kehidupan Arab Pra-Islam dengan gambaran geografis dan kondisi masyarakat pada saat itu. Dan dari segi bahasa yang digunakan dalam pembahasan di buku ini bisa dibilang ringkas, dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami oleh para pembaca. Melalui bahasa yang lugas dan terstruktur, memberikan gambaran yang nyata dalam mengembangkan iamajinasi pembaca seolah-olah pembaca dapat menyaksikan kejadian pada masa perkembangan Islam dimasa lalu. Dari segi referensinya, buku ini juga memberikan banyak catatan kaki dan juga daftar pustaka, tidak hanya dari penulis lokal tetapi juga para penulis luar, seperti para penulis orientalis. Ini memberikan gambaran bahwa buku ini sebenarnya berusaha untuk merangkum informasi dari banyak sumber sehingga apa yang ditulis benar-benar menedekati keobjektifan sejarah secara utuh. Tapi di dalam buku ini tidak di jelaskan kisah-kisah peperangan yang terjadi pada masa perkembangan penyebaran ajaran Islam. Sehingga para pembaca tidak dapat menggambarkan perjuangan Rasul dan para sahabat di dalam memperjuangkan dakwah ajaran Islam. Dan juga buku ini tidak memaparkan gambaran peta masa pemerintahan daulah Islamiyah, sehingga para pembaca tidak dapat menggambarkan denah lokasi pada masa pemerintahan daulah Islamiyah tersebut.
Setelah membaca banyak hal yang terangkum di dalam buku yang tergolong sedang ini, telah banyak memberikan gambaran yang cukup luas tentang Sejarah kebudayaan Islam pada masa periode klasik dan segala ragam jenisnya yang meskipun dalam penyajiannya masih terbilang umum namun tetap bisa dijadikan pelajaran sejarah yang cukup bermanfaat bagi kita khususnya kamum muslimin. Selebihnya meskipun demikian, sebagai sebuah buku pengantar dalam kajian sejarah kebudayaan Islam, buku ini  cukup memadai, sekalipun tidak tertutup kemungkinan adanya kekurangan dari segi objektifitas sejarah yang diceritakan. Namun dengan melihat dari sisi referensi yang digunakan oleh penulis kiranya buku ini lebih dekat ke originalitas sejarah. Selain itu, tentang bagaimana sang penulis berusaha untuk memberikan pendekatan yang relevan dalam memberikan pengarahan pada para pembaca dengan menggunakan bahasa yang lugas, padat dan tepat serta sederhana sehinngga buku ini layak untuk dibaca siapa saja khususnya bagi kalangan umat Islam sendiri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar